25 Dec 2021

Agar Tidur Nyenyak dan Badan Segar Pilihlah Bantal yang Sehat

Anda mungkin menghabiskan sekitar sepertiga dari hidup Anda dengan tidur. Memiliki bantal tidur yang tepat menjadi sangat penting untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, berkualitas, nyaman, dan tenang. Selain itu, memilih bantal tidur yang tepat juga akan menghindari Anda dari beberapa gangguan kesehatan.

Jika Anda menggunakan bantal tidur yang tidak sesuai bisa-bisa Anda sakit kepala, sakit leher, mati rasa di bahu dan lengan, serta bersin-bersin. Lalu seperti apa, sih, bantal yang paling sehat dan nyaman untuk tidur? Berikut penjelasannya.

Apa bedanya tidur pakai bantal tinggi atau rendah?

Bantal tidur yang terlalu tinggi dapat membuat leher Anda terlalu condong ke depan menyebabkan ketegangan otot di bagian leher belakang dan bahu. Akibatnya, ini membuat leher terasa kaku dan sulit digerakkan ketika bangun tidur.

Bantal tinggi juga bisa membuat Anda lebih sulit bernapas bebas karena leher yang “terlipat” saat tidur dapat menyempitkan saluran pernapasan. Terhalangnya jalur napas ini menyebabkan Anda lebih rentan ngorok, yang pada akhirnya membuat tidur jadi tidak nyaman dan nyenyak.

Sebaliknya, bantal yang terlalu rendah dan tipis juga tidak baik karena tidak memberikan cukup dukungan pada tulang leher. Pasalnya, bantal yang terlalu rendah menyebabkan Anda cenderung berbaring mendongak sehingga otot leher yang tertarik ke bawah bisa mengakibatkan nyeri leher.

Hasil dari sebuah penelitian kecil menemukan bahwa bantal tidur dengan ketinggian sekitar 10 cm dapat memberikan kenyamanan dan dukungan yang pas terhadap keselarasan otot leher dan tulang belakang. Namun, seringkali pemilihan jenis bantal terbaik juga tergantung pada posisi tidur Anda.

1. Memilih bantal tidur berdasarkan posisi tidur Anda

  • Posisi tidur telentang

Jika Anda sering tidur dengan posisi telentang, ada baiknya Anda menggunakan bantal yang lebih tipis. Hal ini dilakukan agar leher Anda tidak terlalu condong ke depan. Pilihlah bantal yang bagian bawahnya sedikit lebih tebal daripada atasnya agar melindungi leher dan kepala Anda secara keseluruhan. Bantal jenis memory foam bisa jadi pilihan terbaik, karena bentuknya sesuai dengan bentuk kepala dan leher Anda. Sama halnya dengan bantal air yang memberikan kenyamanan menyeluruh di area leher dan kepala. Selain itu, cobalah tidur dengan menaruh bantal di bawah lutut untuk mengurangi tekanan pada punggung bawah.

  • Posisi tidur tengkurap

Ketika tidur di posisi ini, Anda disarankan menggunakan jenis bantal paling tipis — lebih tipis dari bantal yang digunakan saat posisi tidur telentang. Pasalnya, tidur tengkurap memberi tekanan besar pada area punggung bawah. Selain itu, tidur tengkurap rentan menutup jalur napas, sehingga bahkan Anda disarankan tidak menggunakan bantal sama sekali. Meski begitu, pertimbangkan untuk menyelipkan bantal di bawah perut Anda supaya terhindar nyeri punggung bagian bawah. Jika Anda merasa kurang nyaman, Anda juga bisa tidur menyamping dengan memeluk bantal tidur supaya sedikit memberikan tekanan pada perut.

  • Posisi tidur miring

Posisi tidur ini butuh bantal dengan isian padat dan sedikit lebih lebar untuk mengisi jarak antara telinga dan bahu Anda. Anda mungkin juga bisa memeluk bantal tidur di antara kedua lutut supaya lebih menejajarkan tulang belakang Anda.

2. Memilih bantal tidur berdasarkan isi bantal

  • Busa

Bantal busa sangat baik untuk orang yang memiliki masalah tidur. Bantal ini akan mengurangi ketegangan pada rahang atau leher. Isi bantal dengan menggunakan busa memiliki kepadatan yang pas sehingga nyaman untuk digunakan.

  • Busa memori (memory foam)

Isi bantal busa memori terbuat dari bahan sejenis busa polyurethane yang dibuat melalui proses khusus. Bantal busa memori dapat menyesuaikan bentuk tubuh saat Anda bergerak dan dapat kembali berubah ke bentuk awal.

Karena bentuknya mampu menyesuaikan kepala Anda dan pergerakannya, bantal jenis ini juga baik buat Anda yang suka tidur dengan posisi miring atau telentang. 

Untuk mendapatkan Bantal Busa Memori/Bantal Memory Foam yang berkualitas hanya ada di PINK POLKA . Di website PINK POLKA  tersedia Bantal Memory Foam untuk Baby, Balita , Kids hingga Dewasa yang bertujuan agar semua usia dapat tidur dengan nyaman dan sehat dengan menggunakan Bantal dan Guling Memory Foam dari Pillow Willow.

  • Lateks

Bantal tidur jenis ini merupakan bantal yang paling kuat dan tahan terhadap tungau dan jamur, karena pori-porinya sangat kecil sehingga aman dari debu dan bakteri sehingga cocok untuk orang yang alergi debu. Bantal ini juga dapat membantu mengatasi masalah pada punggung dan leher Anda. 

  • Wol atau katun

Wol atau katun adalah bahan alami yang tahan terhadap tungau dan jamur. Kedua bahan ini cenderung cukup keras. Jadi jika Anda menyukai bantal licin, pengisi ini kurang cocok untuk Anda.

  • Bulu angsa

Isi bantal dengan bahan ini direkomendasikan sebagai salah satu bantal yang baik untuk istirahat malam yang nyenyak. Bantal ini juga lembut dan tidak terlalu padat sehingga cocok untuk orang yang suka tidur tengkurap.

 

Tips

  • Sesuaikan Jenis Bantal Dengan Kasur Anda

Jika anda memiliki kasur yang tegas atau solid maka anda membutuhkan bantal yang lebih tebal untuk menjaga posisi leher tetap paralel terhadap kasur. Jika anda memiliki kasur busa yang lembut maka bantal yang digunakan harus tipis dikarenakan bahu akan tenggelam kedalam kasur tersebut sehingga penggunaan bantal yang tipis dapat menjaga postur tidur tetap ideal.

Setiap jenis bantal memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah bantal yang menurut anda paling nyaman dan tidak menimbulkan nyeri pada leher serta tidak menimbulkan suara

  • Bantal Campuran Belum Tentu Lebih Baik

Sebagian bantal diproduksi menggunakan bahan campuran. Namun sampai sekarang tidak ada penelitian yang menyebutkan bahwa bantal campuran lebih baik dari bahan yang lain. Malahan, jika terlalu banyak campuran dalam satu bantal dapat membuat bantal tersebut penuh dan membuat tidak nyaman pada leher anda.

  • Penggunaan Guling dan Body Pillow Dapat Membantu Tidur Anda

Untuk orang-orang yang tidur bertumpukan lambungnya (tidur menghadap sisi) maka penggunaan body pillow maupun guling akan membantu memperbaiki postur tidur. Penggunaan body pillow juga baik digunakan oleh ibu hamil karena akan menambah kenyamanan saat tidur.