25 Dec 2021

Manfaat Tidur Yang Berkualitas

Kualitas tidur ternyata sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan kita, termasuk menjaga berat badan ideal. Nah, apa lagi manfaat lainnya? Kita check di Artikel dibawah ini.

Tidur adalah salah satu aktifitas yang penting untuk kesehatan. Menurut penelitian kurang memiliki waktu tidur yang berkualitas dapat mempengaruhi kesehatan, suasana hati, berat badan, dan bahkan kehidupan seks. Tidur yang cukup dapat membantu mengontrol nafsu makan dan berat badan. Tidur juga membantu mencegah terjadinya penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.
Salah satu penyebab terganggunya waktu tidur dan rendahnya kualitas tidur adalah kondisi tubuh dan pikiran yang stress. Lebih dari 35% orang dewasa memiliki waktu tidur kurang dari 7 jam ketika malam. Orang yang tidak memiliki waktu tidur yang berkualitas memiliki resiko untuk masalah kesehatan seperti kanker dan akan mengalami penurunan kualitas hidup.

Berikut beberapa manfaat yang didapat ketika memiliki waktu tidur yang berkualitas :

  1. Tubuh menjadi lebih sehat
    Memiliki waktu tidur yang berkualitas tidak menjamin tubuh akan kebal terhadap penyakit. Namun dengan waktu tidur yang berkualitas maka dapat menurunkan resiko terjadinya beberapa penyakit, seperti penyakit jantung, serangan jantung, diabetes, dan obesitas.
  2. Meningkatkan kehidupan sex
    Kehidupan sex akan berubah karena tingginya tingkat kelelahan dan stress. Salah satu cara untuk mengembalikan hal tersebut adalah dengan tidur yang cukup dan berkualitas.
  3. Meredakan rasa nyeri
    Jika Anda mengalami nyeri yang kronis atau nyeri akut karena cedera dengan tidur yang cukup dapat membantu meredakan nyeri. Beberapa penelitian telah menunjukkan terdapat hubungan antara kurang tidur dengan ambang nyeri yang rendah. Namun sayang pada umumnya rasa nyeri dapat menyebabkan sulit untuk tidur. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan obat nyeri yang memiliki efek samping mengantuk sehingga Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.
  4. Menurunkan resiko terjadinya cedera
    Memiliki tidur yang cukup dan berkualitas akan meningkatkan konsentrasi tubuh ketika akan melakukan aktifitas. Hal tersebut akan dapat menurunkan resiko terjadinya cedera.
  5. Memperbaiki suasana hati
    Kurang tidur dapat mempengaruhi kondisi emosional seseorang. Kondisi emosional yang tidak stabil dapat menyebabkan menangis atau tertawa yang tidak terkendali.
  6. Mengontrol berat badan
    Pernahkah Anda bekerja hingga larut malam dan merasa ingin makan terus menerus? Tahukah Anda bahwa tubuh memiliki hormon leptin yang memiliki fungsi untuk mengontrol rasa kenyang. Tidur yang kurang cukup dan tidak berkualitas dapat menyebabkan penurunan kadar hormon leptin pada tubuh. Hal ini yang menyebabkan tubuh akan mudah mengalami lapar.
  7. Meningkatkan daya pikir
    Kurang tidur dapat mempengaruhi daya pikir, konsentrasi dan kemampuan untuk mengambil keputusan.
  8. Meningkatkan daya ingat
    Menurut penelitian menunjukkan bahwa ketika tidur, otak akan memproses dan memperkuat ingatan.
  9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Tidur yang cukup dan berkualitas dapat mencegah terjadinya flu biasa. Telah dilakukan penelitian pada 150 orang dengan memonitoring kebiasaan tidurnya selama 2 minggu. Lalu memberinya virus influenaza. Orang yang tidur kurang dari 7 jam pada malam hari selama lebih dari 3x maka lebih mudah terinfeksi penyakit influenza dari pada orang yang tidur 7-8 jam sehari.

Jika Anda mengalami masalah sehingga tidak bisa memiliki tidur yang cuku dan berkualitas, maka Anda perlu melakukan beberapa langkah untuk memperbaiki tidur Anda.

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki waktu tidur dan kualitas tidur Anda :

  1. Konsisten melaksanakan jadwal tidur
    Mencoba untuk pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari termasuk akhir pekan dan libur bertujuan untuk membiasakan tubuh memiliki jadwal tidur. Memiliki jadwal tidur dan bangun tidur untuk dilakukan setiap hari dan konsisten melakukan setiap hari akan menimbulkan siklus tidur yang baik.
  2. Membuat suasana kamar tenang
    Mematikan lampu kamar dan menjaga ketenangan kamar dapat memberikan ketenangan pada pikiran sehingga dapat membuat tubuh lebih mudah untuk istirahat.
  3. Memiliki jadwal untuk berolahraga
    Aktifitas fisik seperti berolahraga yang teratur dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat dan berkualitas.
  4. Mengurangi konsumsi alkohol dan kaffein
    Pada beberapa orang kaffein dan alkohol dapat menyebabkan Anda sulit untuk tidur, terutama ketika akan tidur.
  5. Menenangkan pikiran
    Melakukan kegiatan yang dapat membantu menenangkan pikiran dapat dilakukan sebelum akan tidur. Pikiran yang tenang dapat membantu untuk lekas tidur.
  6. Mematikan semua alat elektronik
    Membiasakan tidur dengan mematikan televisi, laptop dan alat elektronik yang lain akan membuat tubuh Anda untuk cepat tenang dan mudha untuk tidur.
  7. Menggunakan Bantal Tidur yang berkualitas
    Pemakaian bantal tidur pun berpengaruh terhadap kualitas tidur kita. Bantal Tidur yang cocok agar tidur kita berkualitas adalah Bantal Memory Foam dan Bantal Latex dari WILLOW PILLOW.

Willow Pillow adalah Merk Bantal yang menggunakan Teknologi dari Jerman yang memberikan support pada bagian tubuh tertentu dimana dapat langsung dinikmati pemakainya, karena dapat disesuaikan dengan gaya ataupun posisi tidurnya . Dengan berbagai macam varian dan desain bentuk yang kami sediakan, maka bantal Willow sangat baik dan cocok untuk digunakan oleh setiap anggota keluarga anda. 

Willow Pillow berdiri sejak tahun 2003 berbasis di Jakarta, Indonesia. Produk kami sudah menjangkau di kota-kota besar di Indonesia. Dengan metode baru para ahli mendesain lebih dari 30 macam jenis bantal dengan fungsi yang berbeda-beda untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi pengguna bantal Willow.